Rabu, 05 Desember 2018

Sistem Informasi Manajemen Minggu 12 E-learning Prof. Dr. Hapzi Ali, CMA


QUIZ Minggu 12

1.  Jelaskan Pengertian dan fungsi dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) dari sumber lain selain dari sumber dari  modul ini.
2.  Jelakankan tahapan dalam SPK dan apa maafaat sistem ini dalam pengambilan keputusan, serta beri contohnya.
Jawab :

   1.    Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah   sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan  pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.  Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi  terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti  bagaimana keputusan seharusnya dibuat . SPK bertujuan untuk menyediakan informasi,  membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar  dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.

    2.    Tahapan SPK
·         Definisi masalah.
·         Pengumpulan data atau informasi yang relevan elemen.
·         Mengolah data menjadi informasi dalam bentuk grafik dan laporan tertulis.
·         Menentukan alternatif solusi (bisa dalam persentase).

    Manfaat SPK :
·         Membantu menentukan keputusan
·         Mengurangi kesalahan pengambilan keputusan
·         Manajemen keputusan
·         Penghematan waktu
·         Meningkatkan efektifitas
·         Meningkatkan komunikasi interpersonal
·         Peningkatan Bisnis
·         Pengurangan biaya
·         Meningkatkan kepuasan pengambil keputusan

Contohnya :

Misalnya, penggunaan paket software DSS untuk pendukung keputusan dapat menghasilkan berbagai tampilan sebagai respons terhadap alternative perubahan yang dimasukkan oleh manager. Hal ini berbeda dari respons permintaan dari sistem informasi manajemen, karfena pengambilan keputusan tidak minta informasi yang telah ditentukan sebelumnya. Sebaliknya, mereka mengeksplorasi alternative yang memungkinkan. Jadi, mereka tidak perlu menentukan kebutuhan informasi mereka di depan. Melainkan, mereka menggunakan DSS untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan membantu mereka membuat keputusan. Itu adalah inti dari konsep sistem pendukung keputusan.
                                                                                                         



FORUM Minggu 12

Apakah pada perusahaan saudara telah mengimplementasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) dalam mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan bisnis, berikan contohnya berdasarkan pengalaman empiris saudara dan apa dampaknya bagi perusahaan kalau tidak mengimplementasi sistem ini.

Jawab :

Assalamualaikum wr wb

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat . SPK bertujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik.

Karena saya bekerja di perusahaan farmasi, sistem pendukung keputusan dapat di artikan sebagai suatu rangkaian kerja yang dinamis antara input, output dan prosesnya. Keputusan  yang diambil bukan merupakan akhir dari sistem tetapi juga merupakan input dari dari tahapan berikutnya yaitu diagnosis. Dengan demikian sistem pengambilan keputusan ini adalah sebuah mekanisme kerja yang berkesinambungan tak terputus. Dan sistem pengambilan keputusan ini sesuai atau bisa di terapkan untuk sistem pendukung keputusan farmasi. Manfaat dari sistem pendukung ini, diantaranya :
1.    Sistem pendukung keputusan farmasi sangat di butuhkan keberadaanya untuk mengelola satu lembaga pelayanan kesehatan. Lebih-lebih dengan beban kerja yang besar dan tenaga kesehatan yang besar, maka keterpaduan dan kecepatan pelayanan  akan sangat tergantung pada adanya sistem pendukung keputusan  elektronik yang berkembang sekarang ini.
2.    Manfaat dari penggunaan teknologi ini dirasakan oleh para dokter, para ahli farmasi, dan pengelola klinik.
3.    Sistem pendukung keputusan  dalam bidang farmasi yang dilakukan dengan sistem komputer mampu meningkatkan efektif kerja dan jauh menekan resiko kesalahan tindakan medis dan pemberian obatnya.









DAFTAR PUSTAKA
http://muthiara086.blogspot.com/2017/06/quiz-minggu-12-1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar